Pages

Sabtu, 24 Agustus 2013

Kata Bijak "Aa Gym"



Setelah kemarin posting Kata bijak "Setia Furqon Kholid" , kali ini saya akan memposting Kata Bijak dari KH. Abdullah Gymnastiar.
Sama seperti kemarin, hampir setiap hari saya mendapat SMS TAUHIID, yang isinya tentang tausiah, kata2 bijak & motivasi. 
Daripada inbok Hp'nya penuh,,, jadi tak tulis di blog juga dehh... ^_^


>> Orang yang suka berkata jujur akan mendapat 3 hal, yaitu : KEPERCAYAAN, CINTA dan RASA HORMAT (Ali bin abi thalib)

>> Menjadi tua itu sebuah kemestian. Tapi menjadi pribadi matang dan dewasa memerlukan perjuangan.     

>> Tak sengaja mendengar ‘aib’ orang lain saja sudah bisa mengotori hati, apalagi yang suka mencari-cari aib/kesalahan orang lain.

>> Ciri orang kurang bersyukur : kalau ada sedikit saja yg tak sesuai harapan, hilang sudah limpahan karunia yang ada, sibuuk saja ngomel dan menggerutu.

>> Semakin kuat berharap kepada makhluk, semakin resah & meresahkan & siap-siap dengan kesedihan & kekecewaan. Tapi jika semakin berharap hanya kepada Allah, semakin menentramkan & siap-siap mendapatkan yang terbaik & bahagia.

>> Jujur dan tetaplah istiqomah jujur dalam kebenaran, jangan pernah kehilangan kejujuran hanya karena takut kemarahan manusia.

>> Orang yang mudah tersinggung akan habis waktu produktifnya hanya untuk meladeni perasaanya sendiri.

>> Kejadian sepahit apapun yang membuat seseorang semakin kenal, yakin dan sungguh-sungguh mendekat kepada Allah itu adalah KARUNIA yang tak ternilai.

>> Sama sekali tak berbahaya kemarahan manusia, yang tak bisa memberi mudharat tanpa izin-Nya. Yang pasti berbahaya adalah kemarahan Allah Swt.

>> Sibuk dengan keinginan yang membuat lalai & kurang syukur adalah sumber derita.

>> Bersyukurlah, sebab hanya dengan menjadi ahli syukur, tambahan karunia-Nya akan kian melimpah.

>> Allah tahu persis keadaan kita, lebih tahu daripada diri kita sendiri, semua cobaan hidup sudah diukur dengan sempurna, bersabarlah.

>> Berbaik sangka-lah kepada Allah bahwa semua perbuatanNya kepada kita pasti baik dan banyak hikmahnya, walau tak sesuai keinginan kita.

>> LAKUKAN dan LUPAKAN.
Lakukanlah amal-amal yang baik dan segera lupakanlah, tak perlu diingat-ingat ataupun dihitung-hitung. 

>> Kita sering menginginkan membersihkan pakaian, rumah, kendaraan, dan lain-lain. Namun apakah kita sangat ingin untuk membersihkan hati?

>> Bagi kita banyak yg mustahil, bagi Allah tak ada yang mustahil, raihlah pertolongan-Nya untuk hal yang nampak mustahil dengan SEDEKAH.

>> Hanya Allah pemilik & penentu segala-galanya. Maka sibukkanlah hanya dengan penilaian-Nya dan hanya mencari kedudukan di sisi-Nya.

>> Kedengkian kita kepada seseorang tak akan bisa menahan atau merubah apapun yg Allah berikan kepada hamba yg dikehendaki-Nya. 

>> Dihina orang sama sekali tak berbahaya, yg pasti berbahaya adalah bila kita berkelakuan hina & menghina orang. 
            
>> Kita harus selalu siap dengan yg cocok maupun yg tak cocok dengan keinginan kita, karena hanya Allah yang Maha Menentukan.

>> Sibuk mencari kedudukan di hati manusia, akan cenderung semakin lalai kepada Allah, semakin tak tenang, banyak kecewa, sedih dan marah.

>> Ciri orang yang kurang baik & rugi :
Sibuk berkomentar yg tak perlu dikomentari, sibuk berpikir hal-hal yang tak perlu dipikirkan, sibuk mengurusi yang bukan urusannya.

>> Semua kejadian tak ada yang sia-sia, semua terjadi karena izin-Nya. Renungi dan ambil hikmah untuk dijadikan pelajaran.

>> Kejadian sepahit apapun bila disikapi dengan pikiran yang jernih dan hati yang bersih akan nampak keberkahan dan keindahan hikmahnya. 

>> Semakin merasa memiliki, semakin berat untuk sabar. Tapi bila yakin semua hanya titipan-Nya niscaya akan lebih mudah bersabar. 

>> Berharap kepada selain Allah, berarti berhrap kepada yang lemah tak berdaya, yang tak punya apa-apa, serta tak ada manfaat tanpa izin-Nya.

>> Keluh kesah menandakan tak ridho dengan takdir-Nya, padahal setiap takdir bagi orang yang beriman pasti baik. 

>> Semua rizki dan jalan keluar sudah tersedia, namun bisa terhalang oleh dosa-dosa, maka perbanyak tobat dan benar-benar mohon ampunan-Nya.


>> Ciri pribadi berkualitas :

Bila salah berani jujur mengakui kesalahan, bila kalah berani jujur mengakui kesalahan.


>> Jangan takut oleh persoalan hidup, tapi takutlah bila salah menyikapinya. Karena setiap masalah sudah diukur oleh Allah.

>> Bahagia itu bukan karena bebasnya dari masalah, tapi jadi dekat dengan Allah walau banyak masalah.

>> Setiap kejadian yg kita jalani dan kita saksikan adalah pendidikan dari Allah, agar kita mengenal Dia Yang Maha Baik, Yang Maha Kuasa, Yang Maha Penyayang, Yang Maha Penolong.

>> Bila orang tak mampu mengendalikan diri, hidupnya akan penuh masalah yang tak kunjung beres bahkan tambah ruwet.

>> Sulit untuk bisa memperbaiki orang lain dan berbagai hal sebelum sungguh-sungguh memperbaiki diri. Sulit untuk bisa memperbaiki diri ssebelum berani jujur mengakui kesalahan.

>> JUJUR dan tetaplah istiqomah JUJURdalam kebenaran, jangan pernah kehilangan kejujuran hanya karena takut kemarahan manusia atau takut kehilangan duniawi.

>> Sakinah atau ketenangan itu milik Allah, Dia berikan kepada hamba-Nya yang memiliki hati, lisan, pikiran dan sikap yang disukai-Nya.

>> Jangan berlebihan dalam hal apapun, jalani hidup ini lebih rileks, jangan serba menegangkan, serba serius, serba gawat. Proporsional akan lebih nyaman. 

>> Ingat rejeki? Maka wajib ingat Allah Yang Maha Menggenggam dan mengatur setiap rizki, yang membagi, menahan, mengambil dari hamba-Nya.

>> Kalau saja setiap dosa yang kita lakukan dibalas oleh Allah menjadi sebuah benjolan, kira-kira sudah menjadi sepeerti apa bentuk diri kita yg berlumur dosa ini?
Beranikah kita tampil seperti sekarang? Akankah ada yg memuji dan mengagumi kita?

>> Sibuk bersyukur membuat hati jauh lebih nyaman dan karunia pun bertambah. Sibuk banyak keinginan bikin hati resah dan gelisah.

>> Berusahalah sekuat tenaga agar tak merepotkan siapapun, apa yang bisa dilakukan sendiri, lakukanlah.

>> Sebenarnya kita belajar agama dan belajar ilmu bukan hanya untuk tahu, tapi untuk kita prktekkan. (Buah ilmu adalah amal)

>> Hari jum’at adalah salah satu waktu ijabahnya doa, maka perbanyaklah doa, dan baiknya diawali dengan sedekah. 

>> Dimanapun, kapanpun, kita harus siap bila malaikat maut menjemput, jangan lepas dari dzikir, agar saat nyawa lepas dalam berdzikir.

>> Semakin benar dan sungguh-sungguh tobatnya, niscaya hati semakin tenang, jalan keluar Nampak, bahkan pertolongan-Nya datang dari arah tak disangka.

>> Allah rahasiakan waktu, tempat dan cara kita meninggal agar kita selalu siap setiap saat. Jangan menunda amal ibadah, menunda tobat dan main-main dengan maksiat.

>> Jangan setengah-setengah kalau akan jadi orang baik, sempurnakan saja karena semua perbuatan akan kembali kepada pembuatnya. 

>> Kepasrahan kepada Allah menunjukkan kwalitas keyakinan, semakin yakin akan semakin patuh dan pasrah, semakin dijamin Allah.

>> Sepanjang masih senang pujian dan masih berharap dari apa yang ada ditangan orang lain, berarti masih sulit ikhlas dalam beramal.

>> Segala sesuatu sudah ada takdirnya, yang penting niat yang lurus dan bersih serta menyempurnakan ikhtiar di jalan yang Allah sukai.

>> Bila dikritik, daripada sibuk mencari alasan untuk membela diri lebih baik sibuk jujur akan kekurangan diri dan focus memperbaikinya, akan berkah.

>> Orang yang tak jelas goal atau tujuan hidup dan tak focus, dijamin akan banyak kesia-siaan dan hidup jadi mubadzir.

>> Cobalah untuk mendoakan kebaikan dengan tulus kepada orang yang kita anggap menyakiti atau merugikan, rasakan betapa sejuknya hati ini.

>> Hidup ini ada episode-episodenya, jangan panik, hadapi dengan tenang dan tawakkal kepada Allah Yang Maha Baik.

>> tak sedikit yg salah bersikap ketika diberi ujian ‘kekurangan’ dan lebih banyak lagi yang gagal ketika diberi ujian ‘kelebihan’.

>> Jangan ragukan kebaikan Allah, selama ini kita masih bersikap buruk namun Allah senatiasa menolong kita, apalagi bila berusaha baik.

>> Setiap persoalan, pasti sudah diukur oleh Yang Maha Adil, sudah sesuai degan kemampuaan kita, ingatlah bahwa bersama kesulitan Allah sudah menyiapkan kemudahan.

>>Apabila tergelincir berbuat dosa, segeralah TOBAT, akui dengan penuh penyesalan, mohonlah dengan sangat agar mendapat ampunan-Nya.

>> Apapun resiko yg harus ditempuh, pasti beruntung bila kita agigih memperbaiki diri hanya karena Dia, benar-benar hanya kaarena ingin cinta-Nya semata.

>> Semakin berharap diberi sesuatu (hata, benda, perhatian, balas budi, dll) dari makhluk, akan semakin galau, tegang dan banyak terluka hati ini.

>> Semua terjadi dengan izin-Nya dan pasti sarat dengan hikmah, penuh makna, dan ilmu bagi yang peka hati dan bisa menfakurinya.

>> Dzikir adalah gempuran yang paling ampuh untuk melembutkan hati yang keras membatu.

>> Semua orang bisa bermimpi, namun yang membedakan mereka adalah tekad untuk beraksi setelah bermimpi.

>> Hikmah sulit didapat bila perasaan kita sudah terlibat : jengkel, kesal, marah, menghina, dan hati sudah menghakimi atau memvonis buruk seseorang.

>> Sabar itu ilmu tingkat tinggi, belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya mendadak, sekolahnya seumur hidup, hadiahnya kebahagiaan.

>> Fokuslah untuk menerima garisnya masing-masing sambil penuh rasa syukur dan sempurnakan ikhtiar untuk mendapatkan garis hidup yang terbaik.

>> Kalau kita berbuat baik, dan dituduh tak baik, tetap tenang, Allah pasti menyaksikan dan tak akan menyia-nyiakan.

>> Kepahitan adalah pembersih dosa-dosa, seperti seorang ibu yang melihat anaknya sudah mandi tapi masih kotor, maka dibantu dimandikan agar benar- benar bersih.

>> Bila niat dan cara kita benar, pasti Allah member ketenangan tak akan risau dengan sikap orang-orang yang meremehkan dan mencela.

>> Tak ada yg tertukar tak ada yang meleset setiap perbuatan pasti akan kembali pada dirinya sendiri.

>> Banyaknya keinginan duniawi sering menghilangkan rasa syukur, berarti akan lepas pula karunia-Nya.

>> Sahabatku, ingat hanya kebaikan, lakukan hanya kebaikan, di hati hanya kebaikan yang tulus, itulah yang akan kembali kepada kita. 

>> Keluh kesah  mendandakan tak ridho degan takdir-Nya. Padahal setiap takdir bagi orang yang beriman pasti baik. 

>> Hikmah hari ini “Jauhilah yg haram maka kamu menjadi orang yang paling beribadah. Rela-lah dengan rezeki dari Allah, maka kamu menjadi orang paling kaya”. (HR.Ahmad)

>> Jangan mudah celetak celetuk komentar yang bisa merusak suasana, harus bisa menahan diri, dipikirkan dulu, dirasa-rasakan pakai hati sebelum bicara.

>> Mari kita nikmati hidup proporsional, bersahaja, wajar, dan lakukan semua ini Lillahi ta’ala bukan untuk penilaian manusia. Insya Allah berkah.

>> Orang yang mudah tersinggung, akan merusak suasana, ketenangan dan kebahagiaannya, karena diperbudak kejengkelan atau kamarahannya sendiri. 

>> Jauh lebih melimpah karunia Allah yang bisa kita syukuri, daripada sengsara memikirkan yang ‘kurang’ menurut nafsu, sehingga membuat kita kufur nikmat. 

>> Hati-hati bagi yang banyak komentar, sering celetak celetuk yang tidak perlu. Biasanya akan jelek kualitas keislamannya. Bisa jadi akan banyak masalah.

>> Hakekatnya bukan kita yang menolong melainkan Allah Yang Menolong dan kita diuji jadi jalan, maka tak perlu berjasa.

>> Penghinaan yang membuat kita bisa sadar & memperbaiki diri jauh lebih baik daripada pujian yang membuat lalai dan lupa diri.

>> Mustahil bagi kita untuk dapat jalan keluar, tercapai keinginan yang terbaik atau selamat dari ancaman, kecuali hanya dengan pertolongan-Nya.

>> Pergantian tahun, bulan, minggu, hari sama saja tak ada arti kecuali bagi orang-orang yang sangat sadar akan arti perubahan diri.

>> Jangan berlama-lama dengan pikiran, keinginan, ketakutan & lain-lain, segeralah ‘bungkus’ & pasrahkan kepada Dia Pemilik segala takdir.

>> Sumber ketenangan, kabahagiaan & kemuliaan adalah ketika kita merasa & menempatkan diri sebagai hamba dihadapan Dia Tuhan semesta alam.

>> Lebih baik sibuk mensyukuri karunia yang sudah ada, yang melimpah ruah setiap saat. Sibuk bersyukur akan mendatangkan ketenangan & kebahagiaan.

>> Keluh kesah menandakan tak ridho dengan takdir-Nya, padahal setiap takdir bagi orang yang beriman pasti baik.

>> Tak perlu berpikir “saya sudah berbuat baik”, tapi berpikirlah “saya harus selalu berbuat baik”

>> Datangnya hal yang tak sesuai harapan atau keinginan kita tapi membuat kita semaikin bersimpuh, mendekat & bergantung hanya kepada Allah, adalah karunia.

>> Ingat kebaikan Allah saja sudah mebuat bahagia, apalagi ingat kebaikan Allah Yang Maha Baik, pasti sangat bahagia.

>> Jawaban terbaik terhadap kritik adalah gigih memperbaiki diri bukan sibuk berdalih sekedar membela diri.

>> Jangan berbuat baik agar orang hutang budi, berbuat baiklah sebagai syukur kita bisa berbuat manfaat.

>> Bila disikapi dengan pikiran yang jernih dan hati yang bersih, kajadian sepahit apapun akan nampak keberkahan dan keindahan hikmahnya.

>> Tak perlu sibuk banyak alasan membela diri hanya karena takut kemarahan makhluk atau takut jatuh kedudukan di sisi makhluk. Bila salah akui saja dengan jujur, segera mohon ampunan Allah, minta maaf yang tulus jangan takut memikul resiko sebagai tanggung jawab atas kesalahan.

>> Hidup di dunia cuma sekali dan sebentar, pastikan sekuat tenaga ada manfaatnya, karena sebaik-baik manusia yang paling banyak manfaatnya.

>> Barangsiapa yang masih ketakutan dan berharap kepada selain Allah pasti tidak akan tenang hidupnya. Mudah-mudahan kita menjadi ahli tawakkal. Aamiin

>> Bagi kita banyak yang mustahil, bagi Allah tak ada yang mustahil. Raihlah pertolongan-Nya untuk hal yang nampak mustahil dengan SEDEKAH.

>> SYUKURI dan JALANI episode apapun yang Alllah takdirkan. Jangan ribet oleh keinginan, dijamin Allah akan berikan yang terbaik. 

>> Jangan menunggu bahagia baru bersyukur, tapi bersyukurlah terus ! Niscaya akan bahagia.

>> Jika ikhtiar sudah dilakukan optimal, doa sudah dipanjatkan, maka tawakallah pada ketentuan-Nya.

>> Sibuk bersyukur membuat hati jauh lebih nyaman dan karunia pun bertambah. Sibuk banyak keinginan bikin hati resah dan gelisah.

>> Jangan suka mengingat-ingat apalagi menyebut-nyebut kebaikan, itu pertanda tidak ikhlas, pahala akan hilang, kehinaan yang didapat. 
   
Semoga bermanfaat ^o^

0 komentar:

Posting Komentar